Sunday 2 March 2014

Membuat Logo Windows Media Player

Selamat malam sahabat blogger, setelah sebelumnya kita telah membahas tentang CorelDRAW dan juga telahMengupas Tuntas Area Kerja CorelDRAW, untuk kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat sebuah logo, sebagai permulaan kita akan Membuat Logo Windows Media Player karena menurut saya logo ini cukup mudah untuk membuatnya dan pastinya kawan-kawan semua dapat dengan mudah mempraktekkannya. Dalam membuat Logo Windows Media Player ini mungkin sudah ada bahkan banyak yang men-sharingkannya tapi disini saya akan membuat sedikit berbeda dan semoga dapat mudah dipahami.

Mari langsung saja kita mulai membuatnya.

1. Buka lembar kerja baru pada CorelDRAW dengan CTRL + N.

2. Selanjutnya buat sebuah lingkaran menggunakan Ellipse Tool dengan ukuran diamater 3,75cm. Ukuran bebas sesuai selera.. hehehe..


3. Buat duplikat lingkaran menggunakan tombol (+) pada keyboard dan atur ukuran lingkaran menjadi 3 cm.


4. klik salah satu lingkaran dan klik Rulers lalu tahan dan tarik untuk memunculkan Guidelines, posisikan Guidelines tepat ditengah lingkaran.   


5. Buat 2 buah kotak menggunakan Rectangle Tool dan posisikan seperti gambar dibawah, lebar atau panjang kotak harus berada diluar area lingkaran.


6. Kemudian klik kotak pertama lalu tekan tombol Shift dan jangan dilepas lalu klik kotak kedua. Lalu klik Weld untuk menggabungkan kedua kotak tersebut.

   
7. Selanjutnya klik lingkaran pertama lalu tekan tombol Shift dan jangan dilepas lalu klik lingkaran kedua. Lalu klikSimplify untuk membuat lubang ditengah lingkaran.

  
8. Tekan CTRL + A untuk menyeleksi semua objek lalu klik Back Minus Front maka lingkaran akan terpotong menjadi seperempat.


9. Klik potongan tersebut lalu tekan tombol Alt + F7 maka akan muncul Transformations Position, bisa juga lewat menuArrange lalu pilih Transformations dan pilih Position. Centang pada bagian kotak kecil lalu klik Apply. lihat pada gambar.


10. Putar potongan hasil duplikasi tersebut dengan Mirror Horizontally untuk memutar objek secara horizontal.


11. Duplikatkan kedua potongan tersebut atau dengan menggunakan CTRL + A untuk menyeleksi kedua objek, lalu centang kotak kecil kemudian pilih Apply, selanjutnya klik Mirror Vertically untuk memutar objek hasil duplikasi secaraVertical. perhatikan pada gambar. 


12. Buat objek berbentuk segitiga dengan menggunakan Polygon Tool, putar objek tersebut dan posisikan tepat ditengah lingkaran seperti gambar dibawah. 


13. Selanjutnya kita beri warna pada masing2 objek. Caranya klik salah satu objek dan klik warna merah pada Color Palettes. Warnai juga objek yang lainnya dengan cara yang sama. Lihat pada gambar.


14. Pada langkah ke 13 sebenarnya kita telah selesai dalam membuat Logo Windows Media Player, tapi kita akan mencoba memberi sedikit polesan untuk mempercantik tampilan logo. Klik warna merah pada logo dan pilih Fill Toollalu Pilih Fountain Fill kemudian atur seperti gambar berikut lalu klik Ok. Lakukan langkah yang sama pada objek yang lain. hingga menjadi gambar dibawah ini. Untuk warna hijau dan kuning setting Fountain Fill pada bagian Angel menjadi 180o .



15. Seleksi ke empat objek lingkaran berwarna dan tekan CTRL + G untuk membuatnya menjadi satu group. Selanjutnya Buat lingkaran ukuran 4 cm.


16. Klik lingkaran warna hitam, sambil menekan tombol Shift klik lingkaran berwarna maka kedua objek lingkaran akan terseleksi, selanjutnya tekan tombol C pada keyboard untuk rata tengah secara horizontal lalu tekan tombol E untuk rata tengah secara vertikal, maka kedua objek telah digabung menjadi satu. Kemudian klik lingkaran hitam dan tekan tombol Shift + PageDown maka lingkaran hitam akan berada pada posisi dibalik lingkaran berwarna.


17. Klik lingkaran hitam lalu tekan tombol (+) pada keyboard untuk membuat duplikat lingkaran lalu buat ukuran lingkaran hasil duplikasi menjadi 3cm dan beri warna putih.


18. Selanjutnya klik lingkaran putih lalu klik Fountain Fill (F11) dan setting seperti gambar berikut.


19. Buat sebuah lingkaran dan sebuah lingkaran berbentuk lonjong seperti pada gambar dibawah. Beri warna putih pada lingkaran berbentuk lonjong. Selanjutnya klik Arrange dan pilih Shaping, pada kotak dialog shaping pilih Intersect, hapus tanda centang pada Target object (s) lalu klik Intersect With kemudian klik lingkaran lonjong, hasilnya lingkaran lonjong akan menyesuaikan bentuknya dengan lingkaran bulat.






20. Klik lingkaran bulat lalu tekan Delete, klik lingkaran lonjong lalu klik lingkaran berwarna kemudian tekan tombol Cdan tombol T pada keyboard, maka posisinya akan menjadi seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya buang warna hitam pada garis tepi atau Line pada lingkaran lonjong dengan cara klik kanan No Fill pada Color Palettes.


21. Klik Blend Tool lalu pilih Transparency Tool untuk membuat lingkaran lonjong menjadi transparan. atur setting seperti gambar dibawah ini.



22. Dan hasilnya bisa kita lihat.


Gimana... cukup mudah bukan dalam membuat Logo Windows Media Player.? Silahkan kawan-kawan mencobanya atau kawan-kawan ada ide untuk membuat kreasi yang lain.? saya yakin sekali kawan-kawan pastinya lebih mantap dalam membuat sebuah Desain Grafis yang unik dan keren.. ^_^

Sekian, Salam dan Happy Blogging.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger